Kalender Baru WorldSBK 2021, Ceko Masuk Menggantikan Australia

FIM, Autodrom Most dan Dorna WSBK Organization (DWO) mengumumkan kesepakatan baru yang akan melombakan MOTUL FIM Superbike World Championship race di Republik Ceko mulai 2021. Perjanjian lima tahun ini berarti seri Czech akan diikutsertakan dalam Kalender WorldSBK hingga 2025.

Autodrom Most akan menjadi tuan rumah Putaran Ceko untuk pertama kalinya karena bergabung dengan kalender WorldSBK dengan sirkuit Ceko menjadi tuan rumah putaran keenam musim 2021 ) 6 hingga 8 Agustus). Ketiga kelas serta Piala Eropa Yamaha R3 bLU cRU akan  balap di  Autodrom Most.

Autodrom Most terletak di dekat Praha dibuka pada tahun 1983 dan kemudian menjadi kompleks balap motor permanen. Sirkuit ini telah menyelenggarakan banyak acara olahraga motor termasuk kejuaraan sepeda motor nasional dan WorldSBK pada tahun 2021.

“Ini adalah pencapaian dan peristiwa unik selama sejarah Autodrom selama hampir 40 tahun. Kami menjadi penyelenggara balapan Kejuaraan Dunia untuk pertama kalinya. Tujuan kami adalah untuk membuka kompleks kami kepada masyarakat umum, itulah sebabnya kami harus menawarkan acara dengan kualitas terbaik untuk penggemar balap. Dan Kejuaraan MOTUL FIM Superbike World Championship  adalah balap itu. Kami akan memastikan bahwa pembalap, tim, mitra, sponsor, serta penonton benar-benar puas. ” kata Josef Zajicek, Autodrom Most Chief Executive Officer:

Karena pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung dan peraturan yang dihasilkan, FIM, Sirkuit Phillip Island, dan DWO telah sepakat tidak jadi menghelat seri Australia 2021. Balap di Australia akan kembali dilakukan pada 2022.

 “Pulau Phillip telah menyelenggarakan lebih banyak acara World Superbike daripada sirkuit lain mana pun di dunia. Kami setuju bahwa sekarang adalah waktu untuk memfokuskan upaya kami pada tes resmi dan putaran pembukaan musim pada tahun 2022. Keputusan untuk tidak menjalankan putaran pada tahun 2021 tidak akan berdampak buruk pada kelanjutan acara. Acara ini dijamin untuk Sirkuit Pulau Phillip hingga 2027. ” kata David Bennett, Manager Sirkuit Phillip Island.

Gregorio Lavilla, Direktur Eksekutif WorldSBK mengatakan. “Kami sangat senang menyambut Autodrom Most ke kalender kami untuk lima musim ke depan. Pengumuman hari ini bahwa WorldSBK akan kembali ke Republik Ceko untuk pertama kalinya sejak 2018 mencerminkan popularitas Kejuaraan yang berkelanjutan di antara para penggemar Ceko. Dengan tim dan pembalap Ceko di dalam paddock, ini adalah kesempatan besar untuk menampilkan Republik Ceko di panggung dunia dan saya percaya Autodrom Most akan mengadakan acara menarik di masa depan. Mengenai Australia, semua pihak yang terlibat memutuskan bahwa menganalisis perubahan terbaru di semua acara motorsport utama dan dengan ketidak pastian saat ini terkait dengan pandemi, solusi terbaik adalah memindahkan Putaran ke awal musim yang biasa kami lakukan pada tahun 2022. Kami berharap untuk kembali ke sana pada tahun 2022 dengan Putaran Australia sebagai acara utama Kejuaraan. ”

foto : WorldSBK

Check Also

Jorge Martin dan Enea Bastianini, Rookie Yang Mulai Bersaing Di MotoGP 2021

Balap MotoGP akan dimulai akhir Maret 2021 (28/3) di Losail International Circuit Doha Qatar. Namun …