Kejurnas Pertamina Mandalika Racing Series 2024 Round 2 Menunjukkan 8 Fakta Menarik, Ke 6 Wow Banget

Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Balap Motor Sportbike Pertamina Mandalika Racing Series (MRS) 2024, putaran kedua semakin memikat pecinta balap.

Persaingan seru di semua kelas yang dipertandingkan di balapan yang berlangsung si Pertamina Mandalika International Circuit, Sabtu-Minggu (25-26/05).

Sejumlah fakta menarik pun muncul di Kejurnas Pertamina Mandalika Racing Series 2024 round 2.

Pertama jumlah peserta Kejurnas Pertamina Mandalika Racing Series 2024 round 2 meluber. Terdapat partisipasi 126 starter, jumlah ini merupakan sebuah pencapaian baru bagi penyelenggaraan MRS sejak tahun lalu.

“Jumlah 126 starter di Kejurnas Pertamina Mandalika Racing Series adalah sebuah rekor baru untuk kejuaraan nasional yang baru empat kali diselenggarakan sebelumnya di Mandalika. Peningkatan jumlah peserta ini tidak lepas dari upaya penyelenggara untuk terus meningkatkan kualitas eventnya dari regulasi teknik hingga support system lainnya. Kami mengharapkan adanya event ini bisa berdampak positif untuk ekonomi masyarakat sekitar Mandalika dari tingkat hunian hotel, transportasi dan juga potensi lokal lainnya,”ujar Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria.

Fakta kedua para pembalap top Indonesia yang berlaga di ajang balap internasional turut serta. Ada Andi Gilang, Aldy Satya Mahendra, Galang Hendra Pratama, M Faerozi, Rey Ratukore memanaskan Kejurnas Pertamina Mandalika Racing Series, hasil kolaborasi PRIDE Motorsport dengan MGPA, IMI, Kemenparekraf, ITDC dan InJourney didukung oleh PT Pertamina (Persero).

Ketiga pada putaran kedua Kejurnas Pertamina Mandalika Racing Series 2024 diserbu pebalap muda dibawah usia 15 tahun.

Pada Kejurnas Pertamina Mandalika Racing Series 2024 seri 2 dibuka kelas Junior Sport 150 U-15 berkonsep pembinaan sebagai langkah nyata untuk mendukung Pembalap Indonesia mendunia.

Kelas tambahan ini melengkapi tiga kelas utama Kejurnas Sport 150, Sport 250 dan Supersport 600 yang sudah ada, selain Underbone 150 Open, Superbike 1000 Community dan Supersport 600 Community.

Fakta keempat pada Kejurnas Pertamina Mandalika Racing Series 2024 seri 2 di supporting class Underbone 150 diikuti 39 pembalap.

Kelima fakta menariknya di kelas komunitas juga terdaftar 13 peserta untuk mewadahi antusiasme mereka dalam sebuah kejuaraan.

Fakta ke enam pada penonton live streaming Kejurnas Pertamina Mandalika Racing Series 2024 seri 2 ini meledak.

Tayangan live streaming di kanal youtube Mandalika Racing Series yang selama dua hari penyelenggaraan telah ditonton 405 ribuan viewer.

Antusias penonton yang hadir langsung di sirkuit menjadi fakta ke tujuh. Penonton yang hadir di sirkuit terjadi peningkatan dari putaran pertama dengan disaksikan 5.000-an pengunjung selama dua hari di grand stand A.

Banyaknya penonton ini tidak terlepas dari langkah publisitas secara massif mengenai event tersebut, yang dilakukan di berbagai media promosi baik secara digital maupun offline.

Direktur Operasi ITDC Troy Warokka menyatakan, “Keberadaan Pertamina Mandalika International Circuit sebagai salah satu fasilitas di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, merupakan strategi penting bagi kami. Sirkuit ini tidak hanya menjadi pusat olahraga otomotif, tetapi juga merupakan katalisator untuk pertumbuhan ekonomi lokal. Dengan meningkatkan kualitas dan frekuensi event internasional dan nasional seperti Pertamina Mandalika Racing Series, kami berharap dapat menarik lebih banyak wisatawan dan investasi, yang pada gilirannya akan menguatkan The Mandalika ‘The Ultimate Lifestyle Sportstainment Destination’.” katanya.

Fakta ke delapan adalah Kejurnas Pertamina Mandalika Racing Series 2024 standar penyelenggaraan balapan internasional.

Hal ini sesuai yang diungkapkan Deputi Olahraga Sepeda Motor IMI Pusat Eddy Saputra “Kejurnas Pertamina Mandalika Racing Series 2024 diharapkan dapat mencapai standar penyelenggaraan balapan internasional, ” katanya.

Ditambahkan. “Pada saat sesi briefing, kami telah menjelaskan prosedur yang harus dilakukan sebelum balapan, regulasi yang mengacu kondisi sirkuit termasuk soal hukuman dan sanksinya. Kami dari IMI Pusat mendorong para manajer dan pembalap Indonesia untuk memahami peraturan balap yang diterapkan di kejuaraan internasional. Lebih penting lagi, kami inginsemua pihak menjunjung tinggi rasa sportivitas karena tensi balapan akan meningkat seiring dengan jumlah pembalap yang ikut,” tukas Eddy Saputra.

Pertamina Mandalika Racing Series 2024 mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, MGPA, ITDC dan InJourney serta Honda, LFN, Pirelli, Yamaha, Aspira Premio, GS Astra, BRT Racing, BRT Electric, KYB, Cargloss, Arai Indonesia, YSS, Pikoli, MS Glow for Men, RCB, Uma Racing, MFZ Racing, Hydro Coco, Chemco, Nissin Samurai Brake.

foto : MRS

Rate this post

Check Also

Kejurnas Pertamina Mandalika Racing Series 2024 Round 3 Jembatan Prestasi Menuju Pentas Asia

Rehat satu bulan lebih, Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Balap Motor Sportbike Pertamina Mandalika Racing Series 2024 …