Menparekraf Sandiaga Uno Ajak Sukseskan MotoGP Mandalika

Rencananya event MotoGP dan World Superbike akan dilaksanakan di sirkuit Mandalika Nusa Tenggara Barat tahun ini.  Berbagai persiapan pun dilakukan untuk menyongsong event balap akbar dunia ini.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno pun melakukan kunjungan untuk memastikan persiapan ini. Dalam kunjungan ke Lombok,  Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengajak berbagai pihak untuk mempromosikan MotoGP dan berbagai event internasional yang bakal dihelat di Lombok.

 “Ini adalah tempat yang sangat layak sebagai lokasi sport tourism, kami mengajak komunitas-komunitas berkoordinasi dengan ITDC untuk mulai menyusun eventnya sepanjang tahun ini menjelang perhelatan MotoGP. Supaya kita bisa meningkatkan semangat dan memberi motivasi serta mempromosikan MotoGP, agar getarannya terasa di seluruh Indonesia,” kata Menparekraf Sandiaga Uno selesai  melaksanakan serangkaian olahraga secara terus-menerus (triathlon) mulai dari berenang sejauh 500 meter di Pantai Tanjung Aan, lalu dilanjutkan bersepeda sejauh 7,5 kilometer ke Novotel, dan berlari sejauh 2,5 kilometer ke kawasan Pantai Kuta Mandalika Lombok (16/1).

Dalam rangkaian untuk mempersiapankan  seluruh aspek pariwisata dan ekonomi kreatif menjelang perhelatan MotoGP Mandalika yang rencananya akan digelar pada Oktober tahun ini, Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno juga meninjau kesiapan homestay di Desa Wisata Gerupuk, Kabupaten Lombok Tengah.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno tinjau homestay di desa wisata

Dalam kunjungan ini , Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno  mengatakan homestay di Desa Wisata Gerupuk merupakan salah satu pembangunan infrastruktur yang berkeadilan, karena program ini menyediakan fasilitas rumah swadaya, yang pembangunannya melibatkan pemberdayaan masyarakat. Jadi, masyarakat ikut serta bersama-sama dalam mendesain kemudian membangun dan tentunya memperoleh manfaat dari hal tersebut.

“Desa wisata ini merupakan salah satu pendorong dari pengelolaan pariwisata dan ekonomi kreatif ke depan. Selain itu, dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat dengan memperoleh mata pencaharian melalui penyewaan homestay. Fasilitasnya juga telah memiliki standar kualitas yang baik dan letak homestay ini sangat strategis dan relevan. Mengingat kawasannya berdekatan dengan MotoGP Mandalika Circuit,” ujarnya.

Foto : Kemenparekraf

Check Also

Megahnya Motorhome Pertamina Mandalika SAG Team

Pertamina Mandalika SAG Team menyiapkan semua keperluan untuk gelaran MotoGP 2021. Setelah pebalap dan livery …