Persiapan MotoGP 2022 Di Sirkuit Mandalika, Kemen PUPR RI Lanjutkan Penataan Jalan Dan Tinjau Sarhunta

Demi mensukseskan gelaran MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit di Nusa Tenggara Barat (NTB) pada bulan Februari untuk test dan Maret untuk balap, berbagai pihak melakukan persiapan. Tak terkecuali  Kementerian PUPR RI.

“Kita ingin pastikan kesiapan infrastruktur menyongsong event MotoGP yang akan diselenggarakan pada Maret 2022,” ungkap Menteri PUPR Basuki Hadimuljono seperti dikutip dari ntbprov.go.id.

Di facebook Kementerian PUPR menyebutkan akan segera melanjutkan penataan koridor Jalan Bypass Bandara International Lombok (BIL) – Mandalika di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), sejak dari bandara hingga Sirkuit Mandalika sambut GP Indonesia 2022. Jalan Bypass BIL – Mandalika sepanjang 17,36 km sebagai persiapan jelang pelaksanaan Moto GP 2022.

Ruas ini sebelumnya telah diresmikan Presiden Joko Widodo pada 12 November 2021 lalu untuk mendukung event World Superbike (WSBK) 2021. Keberadaan jalan bypass mengurangi waktu tempuh dari Bandara Internasional Lombok menuju kawasan Mandalika dari yang semula 45 menit menjadi 15 menit.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan Jalan Bypass BIL – Mandalika akan ditata lebih baik. Dibuat lebih ramah lingkungan melalui kegiatan penghijauan dan penataan koridor jalan, termasuk frontage, bahu dan drainasenya.

 “Yang tidak kalah penting adalah drainase untuk pengendali banjir. Kami tidak ingin memisahkan sistem drainase di dalam sirkuit dengan di luar, sehingga kami siapkan juga desain sistem drainase-nya agar tidak banjir,” kata Menteri Basuki (22/12).

Menteri Basuki juga menekankan penanganan lereng atau tebing pada 14 bukit yang dilalui untuk mengurangi risiko longsor, misalnya menggunakan teknik hidroseeding.  Jalan bypass dilengkapi 2 jembatan, 11 overpass, dan 3 jembatan penyeberangan orang (JPO) yang dibangun untuk memperlancar arus lalu lintas dan memfasilitasi akses bagi warga sekitar.

Jalan ini juga telah menjadi salah satu spot swafoto warga yang melintas, karena merupakan salah satu ikon baru di kawasan Mandalika.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono juga meninjau pembangunan sarana hunian pariwisata (sarhunta) di Desa Sengkol, Kab. Lombok Tengah (23/12.  Sarhunta juga bisa menjadi alternatif hunian bagi wisatawan selama ajang MotoGP pada Maret 2022 mendatang.

 “Tolong dirawat, dijaga dan dikelola dengan baik. Jangan sampai ada perang tarif. Saya pesan ditata lingkungannya dan dijaga kebersihannya,” pesan Menteri Basuki kepada pemilik homestay.

Kementerian PUPR telah membangun 915 unit sarhunta di DPSP Lombok-Mandalika. Pembangunannya dilakukan pada Mei-Desember 2020 melalui kegiatan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dengan melibatkan 5.123 masyarakat sebagai pekerja.

foto : itdc, kemen pupr ri

Check Also

Pengaspalan Ulang Sirkuit Mandalika Rampung

Dalam hitungan hari, MotoGP Indonesia di Mandalika International Street Circuit akan dilaksanakan. Sesuai jadwal Grand …