R59 Racing Siapkan Mesin GTR150 Spesial Untuk Honda Racing Vietnam Kelas UB150 Pada ARRC Di Sugo Jepang

Tim Honda Racing Vietnam siap berkompetisi di Asia Road Racing Championship (ARRC) 2022 putaran 3 di sirkuit Sugo di Jepang (12-14/8). Pada kelas UB150 Honda Vietnam menggandeng R59 Racing asal Ciputat Tangerang.

“Awalnya kita ini sebagai team mekanik pendamping saja, yang dimana kita hanya diminta membantu untuk mengarahkan. Namun melihat hasil round 2 ,ldan kami pun memiliki target pribadi, akhirnya untuk round 3 ini kami membuatkan 1 mesin untuk bisa di gunakan oleh pebalap Vietnam (#193). Tentu memiliki target yang tinggi, agar bisa di jadikan pembanding dengan mesin buatan Vietnam, ” Ucap R59 Racing.

Menghadapi balap ARRC seri 3 di sirkuit Sugo yang menjadi bagian dari Sportland Sugo di kota Murata distrik Shibata prefektur Miyagi ini, mesin untuk kelas UB150 dengan korekan special disiapkan R59 Racing . Akiang dan Hasyim sang mekanik dari R59 Racing meracik khusus mesin ini.

Hasyim (depan) dan Akiang mekanik Indonesia yang dipercaya Honda Racing Vietnam di ARRC

“Kami siapkan mesin Honda GTR150 spesial untuk dipakai tim Honda Vietnam pada ARRC di Jepang ini,” kata Akiang sang mekanik dari R59 Racing.

Dimana ubahan mesin GTR150 ini menyesuaikan dengan sirkuit Sugo. “Sirkuit Sugo memiliki lintasan yang naik dan turun dengan trek lurus yang panjang. Makanya kami siapkan mesin dengan modifikasi yang siap menghadapi trek di Sugo ini,” jelas Akiang.

Paling nyata Akiang membeberkan pada torsi mesin. “Torsinya kita buat lebih besar dari mesin yang dipakai balap di ARRC Malaysia. Torsi gede ini untuk menghadapi sirkuit Sugo yang medannya naik dan turun,” ucapnya.

Kemudian pada setting ECU di AFR Akiang juga memberi bocoran. “AFR kita set di 12.4 sampai 12.7,” ujarnya.

Tak kalah pentingnya pada sprocket atau gir. Perbandingannya juga disesuaikan. “Ketemunya kita ada yang 16-45 dan 15-45,” ujarnya.

Check Also

Giovanni Podium SIC Ohvale Junior Championship Race 1 Di Langkawi Malaysia

Podium diraih pebalap belia tanah air di ajang balap di luar negeri pada SIC Ohvale …