AHRT Turunkan Lima Pebalap Di Kelas Superport 600 Kejurnas MRS Ini Alasannya

Kejurnas Mandalika Racing Series (MRS) 2024 bakal dihelat Sabtu- Minggu (2-3/3) di Pertamina Mandalika International Circuit di Lombok. PT Astra Honda Motor (AHM) dan pebalap binaannya siap memberikan kemampuan terbaik dan menyajikan sesuatu yang berbeda di ajang Mandalika Racing Series (MRS) 2024.

Menariknya lima pebalap terbaik Astra Honda Racing Team (AHRT) diterjunkan dalam satu kelas. Di kelas National Sport 600cc (Kejurnas 600cc) kelima pebalap AHRT akan turun.

Lima rider AHRT  yang turun di Kejurnas 600cc sudah malang-melintang di balap kancah Asia. Mereka adalah Veda Ega Pratama, Rheza Danica Ahrens, Herjun Atna Firdaus, M. Adenanta Putra, dan pebalap belia lulusan terbaik Astra Honda Racing School 2022, M. Kiandra Ramadhipa atau biasa disapa MK Ramadhipa

Honda CBR600RR bakal menjadi tunggangan para pebalap AHRT. Para pebalap akan bersaing dengan pebalap lainnya dalam dua race dengan 10 putaran setiap race.

Terdapat aturan baru, yakni Superpole Race,”balapan mini” yang akan menentukan posisi start pada race 2.

Turunnya lima pebalap binaan Astra Honda Motor di kelas bergengsi National Sport 600cc atau Supersport 600 menjadi bentuk apresiasi serta dukungan untuk bertarung di kelas dengan motor yang berkapasitas jauh lebih besar.

Pengalaman di ajang ini diharapkan memberi tambahan bekal untuk berlaga di berbagai kejuaraan yang diikuti AHRT tahun ini di level Asia.

Selain berkompetisi di kelas 600cc, AHM juga mendukung para pebalap Honda lainnya di kelas National Sport 250 untuk melanjutkan gelar juara di kelas ini yang tahun lalu disabet oleh Rheza Danica.

Veda Ega Pratama menyatakan siap mengasah kompetensinya menggunakan motor berkapasitas silinder lebih besar. Berbekal prestasi sebagai pebalap Indonesia pertama yang menyabet gelar juara Asia Talent Cup 2023, dirinya bertekad menyuguhkan balapan kompetitif dalam MRS 2024.

”Ini pertama kalinya saya mengikuti kejuaraan menggunakan motor 600cc, meski sebelumnya saya sudah pernah berlatih dengan Honda CBR600RR. Balapan di MRS 2024 memberikan kesempatan emas bagi saya untuk mengasah kompetensi balap bersama para pebalap Tanah Air lainnya, sehingga diharapkan ini pun bisa menjadi modal kuat saya dalam mengikuti kejuaraan lainnya di tingkat Asia,” ucap pebalap berusia 15 tahun itu.

Rheza Danica Ahrens juara ARRC AP250 juga akan memanfaatkan MRS 2024 sebagai ajang meningkatkan kompetensi balapnya di kelas supersport. Tahun ini, pebalap asal Sleman, Yogyakarta, itu juga akan bertanding pada kejuaraan ARRC di kelas supersport 600.

”Saya sangat antusias kembali balapan di kelas 600cc tahun ini. Mandalika Racing Series menjadi ajang yang tepat untuk saya beradaptasi dengan balap supersport. Saya berharap dapat meraih hasil dan prestasi maksimal tahun ini,” kata Rheza.

General Manager Marketing Planning & Analysis AHM Andy Wijaya mengatakan dalam menghadapi musim balap MRS 2024, para pebalap binaan melakukan persiapan yang matang secara intens. Ajang kejurnas 600cc di MRS 2024 diharapkan dapat menjadi bekal bagi para pebalap untuk semakin tangguh di sirkuit dalam menghadapi musim balap tahun ini.

”Kejurnas merupakan ajang balap yang penting untuk mengasah kompetensi para pebalap sekaligus mencetak prestasi membanggakan di Tanah Air. Pengalaman yang sudah dimiliki para pebalap binaan kami, yang dilanjutkan dengan pembinaan melalui atmosfer kompetisi, diharapkan dapat mempertajam kemampuan mereka untuk berjuang maksimal mendapatkan hasil terbaik,” ujar Andy.

Jadwal Kejurnas MRS 2024 seri 1 kelas Supersport 600

Kejurnas MRS 2024 seri 1 kelas Superport 600 berlangsung dua kali balapan. Race pertama seri perdana akan diselenggarakan pada Sabtu (2/3) start pukul 15:50 WITA (atau 14:50 WIB). Sedangkan race kedua dihelat Minggu (3/3) start pukul 15:50 WITA (14:50 WIB).

foto : Astra Honda

2/5 - (2 votes)

Check Also

Daftar Registrasi Produk 2024 Olahraga Sepeda Motor IMI

Jelang gelaran balap nasional, IMI merealese daftar registrasi produk 2024 olah raga sepeda motor. Ajang …