Dobel Podium Suzuki Di MotoGP Catalunya, Ulangi Prestasi 13 Tahun Lalu

Suzuki menjadi  tim pabrikan yang sukses di MotoGP Catalunya. Hal ini karena dua pebalapnya berhasil podium di GP Catalunya pada Minggu 27 September 2020 bertempat di Circuit de Barcelona-Catalunya Spanyol.

Team Suzuki Ecstar MotoGP tim pabrikan yang berhasil menguasai double Podium 2 & 3, lewat laju Suzuki GSX-RR yang dibesut Joan Mir dan Alex Rins. Kedua rider Tim Suzuki Ecstar Moto GP menganggap Circuit of Barcelona – Catalunya, Spanyol sebagai balapan kandang mereka, dan pasangan tersebut menampilkan performa yang luar biasa di sirkuit dengan membawa pulang double podium pertama bagi Suzuki, sejak Misano GP tahun 2007 silam bersama Vermeulen (podium 2) dan Hopkins (podium 3).

Start ke-8 bagi Joan Mir dan ke-13 untuk Alex Rins. Joan Mir mengulangi penampilan baik yang dia lakukan selama beberapa minggu sebelumnya.

Joan Mir melakukan aksi overtaking dengan bagus untuk bisa maju dan podium. Pada dua lap tersisa, pebalap beromor start #32 ini berhasil menempati posisi kedua dan makin mendekati Fabio Quartararo yang finish pertama. Podium berturut-turut sebanyak 3 kali dalam musim ini membuat sejarah baru bagi Joan Mir, karena Ia mencatatkan diri menjadi pebalap Suzuki pertama yang mencapai prestasi seperti ini sejak tahun 2000.

Alex Rins juga melakukan balapan dengan baik. Menjaga posisi di belakang Joan Mir sejak awal balapan, mengendalikan kecepatan dan menjaga fokusnya dengan kuat di lintasan terdepan meski memulai dari posisi ke-13.

Alex Rins mendapatkan ritme yang bagus saat pertengahan balapan dan dia bertekad untuk mengubah posisi balapan Top 5 menjadi podium. Pebalap Spanyol ini bekerja keras untuk mengejar lawan di depannya dan mengambil tempat ketiga degan teknik yang bagus, sehingga makin dekat dengan Joan Mir. Hasilnya Alex Rins ke podium, 3 dan berarti Suzuki telah meraih podium ganda pertamanya semenjak tahun 2007.

Joan Mir bergerak ke posisi kedua dalam klasemen pebalap kejuaraan, atau selisih delapan poin dari puncak. Sedangkan Alex Rins naik ke posisi delapan.

“Balapan yang cukup sulit kali ini, terutama start dari baris ketiga. Itu berarti saya harus gas sejak lap awal dan ini bisa sedikit berisiko. Saya mencoba untuk menghindari masalah dan menahan sementara untuk menyalip beberapa pebalap. Ketika saya berada di belakang Miller, saya tahu saya harus tetap bersamanya dan siap memanfaatkannya. Saya mendekati kemenangan hari ini, mungkin dengan beberapa lap lagi itu bisa terjadi, tetapi Fabio sangat baik dan dia melakukan balapan yang hebat. Sangat menyenangkan bagi Suzuki untuk memiliki dua pebalap di podium setelah sekian lama dan saya sangat senang dengan pekerjaan hari ini!”. Kata Joan Mir

Alex Rins ikut buka suara. “Saya telah berjuang keras dalam beberapa minggu terakhir, dan naik podium di sini hari ini di balapan kandang saya terasa fantastis. Sejak cedera bahu saya di Jerez, segalanya tidak mudah, dan saya merasa sulit untuk cukup kuat secara fisik untuk bersaing di lini depan. Tapi saya telah bekerja keras di atas motor dan tim telah bekerja sangat keras dan banyak yang mendukung saya, jadi saya ingin berterima kasih kepada mereka. Saya juga ingin berterima kasih kepada para penggemar atas dukungan mereka dan untuk mendukung saya di musim yang sulit ini. Aku sangat bahagia.”

Selamat

foto; Suzuki

Check Also

Suhu Rendah Pengaruhi Andi Gilang Di FP Hari Pertama Moto2 GP Aragon

Free Practice atau latihan bebas (FP1) Moto2 GP Aragon pada Jumat 16 Oktober 2020 berlangsung …