Honda CBR250RR Antar Pebalap Indonesia Berprestasi Asia

Kehadiran Honda CBR250RR di kancah balap motor asia di Asia Road Racing Championship cukup disegani. Motor produksi Astra Honda Motor ini kompetitif hingga menghantar pebalap Indonesia berprestasi di kompetisi internasional.

Sejak debutnya di Asia Road Racing Championship, Honda CBR250RR menorehkan catatan mengkilap. Sebanyak 19 kemenangan dan total 48 podium dari 38 balapan yang diikuti telah ditorehkan.

Statistik impresif ini membawa pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT) menjadi juara umum kelas Asia Production 250cc pada 2017 dan 2018, lalu menjadi runner-up pada 2019.

Gerry Salim merupakan pebalap AHRT pertama yang menjadi juara kelas AP250, pada 2017. Pada laga perdana di ARRC putaran pertama di Sirkuit Johor, Malaysia, pebalap bernomor start #31 ini memenangi dua balapan yang digelar.

Rider jebolan Astra Honda Racing School (AHRS) pertama ini juga mencatat kemenangan terbanyak bagi AHRT dalam satu musim, yaitu tujuh kali. Namun, dia bukanlah satu-satunya pebalap yang mencatat prestasi luar biasa.

Rheza Danica juga mencatat tujuh kemenangan di kelas yang sama, tetapi dari musim berbeda. Enam kemenangannya dicatat pada musim 2018, yang mengantarnya meraih gelar juara umum untuk kali pertama, sekaligus yang kedua secara beruntun bagi AHRT di persaingan ARRC.

Rheza mencatat hasil podium terbanyak bagi tim selama dua musim turun di kelas AP250, yaitu 13 kali.

Salah satu catatan penting dari tiga musim impresif AHRT dan Honda CBR250RR adalah jumlah kemenangan dan podium yang diraih di kelas AP250. Total ada 70 hasil finis 5 besar dan 48 podium yang sudah diraih, termasuk 19 kemenangan, 18 kali finis di posisi kedua, dan 11 kali di posisi ketiga.

AHRT juga berhasil menempatkan dua atau lebih pebalap di atas podium dalam 14 kali kesempatan, dengan rincian dua pebalap dalam 12 balapan dan tiga pebalap dalam 2 balapan.

Catatan ini membuat Honda CBR250RR menjadi motor jagoan yang selama beberapa tahun telah berkontribusi membuat Indonesia bangga. Saat musim ini kembali berlangsung, motor AHRT akan melanjutkan perjuangan demi meraih lebih banyak kemenangan dan berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan para pebalap muda Indonesia, dengan motor buatan dalam negeri

Check Also

Pully Set 4S1M Dongkrak Nafas Matic Makin Panjang

Modifikasi pully dan perangkat yang berhubungan biasa dilakukan para tuner dan pecinta performance untuk motor …