Jonathan Rea Antusias Dengan WorldSBK Indonesia

Indonesia masuk dalam kalender provisional 2021 WorldSBK calendar. Rencananya WorldSBK digelar di sirkuit Mandalika NTB ini pada 12-14 November 2021.

Balap Dunia Superbike atau WorldSBK pertama kali di Indonesia pada tahun 1994 di Sirkuit Sentul. Dan balap terakhir pada 1997.

Setelah 23 tahun tak dikunjungi balap Dunia Superbike atau WorldSBK, tahun depan kan dihelat di Indonesia di sirkuit Mandalika.
Pembalap juara enam kali WorldSBK, Jonathan Rea rider Kawasaki Racing WorldSBK tidak sabar untuk pergi ke Indonesia.

“Pergi dan balap ke Indonesia sangat menarik. Pasar yang sangat besar untuk Kawasaki; Saya sudah sering ke sana dan fans Indonesia luar biasa. Sebenarnya saya pernah berkendara di Jakarta beberapa tahun yang lalu untuk presentasi Ninja 250 dan bahkan melewati jalanan Jakarta dalam perjalanannya, banyak sekali fans yang mengikuti kami. Saya yakin World Superbike akan mendapat sambutan hangat saat kami tiba di sana! ” kata Jonathan ReaRea seperti dimuat di www.worldsbk.com

Masukknya Indonesia ini mendapat respon cukup positif dari kalangan balap dunia Superbike hingga dari Mandalika Grand Prix Association (MGPA).

“Pertama, semua tim, pebalap, sponsor dan pabrikan sangat bersemangat untuk pergi ke Indonesia. Karena Indonesia memiliki banyak penggemar dan paling bersemangat di dunia serta memiliki pasar yang besar untuk pabrikan. Sirkuit baru, Mandalika International Street Circuit di Indonesia menanti. Kami sangat yakin dengan upaya yang dilakukan agar semua pekerjaan dan fasilitas yang diperlukan sesuai untuk proses homologasi trek. Setelah 23 tahun berlalu, inilah saatnya WorldSBK kembali ke Indonesia dan kami tidak sabar untuk melakukannya di tempat baru Mandalika di Lombok, dan kami pasti akan mendapat sambutan yang besar dari para penggemar Indonesia. ” kata Gregorio Lavilla, Direktur Eksekutif WorldSBK

CEO Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Ricky Baheramsjah menyambut baik pengumuman Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) dan Dorna WSBK Organization (DWO) yang telah menetapkan tanggal untuk Mandalika. “Kami optimistis proses sirkuit dan homologasi bisa tercapai pada pertengahan 2021.” kata Ricky.

Happy Harinto, Chief Strategic & Communication MGPA menambahkan bahwa selain sebagai pemilik event MotoGP, DORNA juga merupakan pemegang hak WorldSBK, yang saat ini sedang naik daun sebagai seri balap motor berbasis produksi yang sangat kompetitif, sebagai pendamping MotoGP, yang menggunakan teknologi prototipe pabrikan untuk balap. DORNA telah memberikan kontrak promotor WorldSBK dan MotoGP kepada MGPA.

Foto : IG @jonathanrea