Pebalap Suzuki Semakin Dekat Juara Utama MotoGP

MotoGP Styria di Red Bull Ring – Spielberg, Styria, Austria Minggu 23 Agustus 2020 memberi sinyal kuat pebalap Team Suzuki Ecstar MotoGP begitu dekat dengan juara 1 diajang balap kelas MotoGP. Joan Mir yang balap bertempat di sirkuit Red Bull Ring Austria start dari posisi grid start 3 langsung bertarung ketat.

Persaingan yang diberikan membuahkan hasil dengan pebalap bernomor start #36 ini di lap 1 langsung naik ke urutan 2. Tak butuh waktu lama buat Joan Mir memimpin balap kelas raja ini. Lap ke 4 pebalap asal Spanyol sudah di depan.

Rider satu tim Johan Mir memimpin balap hingga lap 16 atau atau sebelum red flags. Balap berhenti karena insiden, Maverick Vinales jatuh dari motornya sampai motor menabrak pagar pembatas lintasan dan terbakar.

Jarak Joan Mir dengan pebalap kedua yaitu Nakagami juga lebar. Selisih waktunya 2,415 detik.

Saat balapan kembali dimulai, Joan Mir tidak memiliki banyak pilihan dalam melakukan penggantian ban, dan menyadari hingga strategi bertahan digunakan untuk menyelesaikan sisa 12 lap di sirkuit yang memiliki panjang sekitar 4,3 km tersebut. Dengan kondisi ban yang semakin berkurang traksinya Joan Mir pun finish ke 4.

Begitu pula dengan Alex Rins. Balap dalam kondisi belum 100% pulih berhasil membawa Suzuki GSX-RR finish ke 6.

 Hari ini saya benar-benar tidak beruntung, tetapi hal positifnya adalah saya sangat cepat. Sebenarnya di tikungan terakhir Pol keluar sangat lebar, di luar batas lintasan, dan membuka gas. Saya tidak melihatnya dengan baik tetapi saya pikir dia akan dihukum oleh Race Direction karena itu. Sangat disayangkan dan saya tidak senang dengan ketidakkonsistenan aturan. Saya merasa hebat sepanjang akhir pekan, dan di balapan pertama saya merasa pasti bisa menang, tetapi di restart saya harus keluar dengan ban yang ada dan sangat sulit menahan pembalap lain. Saya memberikan semua yang saya bisa tetapi pada akhirnya saya tidak bisa melakukan yang lebih baik dari posisi keempat. Di Misano saya akan mencoba lagi,” kata Joan Mir.

Di seri-seri sebelumnya di balap MotoGP, para pebalap Suzuki juga member pertarungan yang hebat. Sampai di seri 5 pada 16 Agustus 2020, Joan Mir meraih posisi ke 2.

Dengan potensi motor GSX-RR dan pebalap yang kompetitif di balap MotoGP yang sudah dilakoni,  rider Suzuki menunggu waktu juara utama di MotoGP.

Foto : Suzuki

Check Also

Decky Dan Agung Bidik Podium TVS Asia One Make Championship Di ARRC Jepang

TVS Asia One Make Championship  akan kembali dihelat Sabtu-Minggu (13-14/8) di sirkuit Sugo Jepang bersamaan …