Home / BALAP MOTOR / BALAP INTERNASIONAL / ARRC / AHRT Pastikan Gelar Juara Tim ARRC 2019 Kelas AP250cc, Awhin dan Irfan Berpeluang Juara Umum

AHRT Pastikan Gelar Juara Tim ARRC 2019 Kelas AP250cc, Awhin dan Irfan Berpeluang Juara Umum

Asia Road Racing Championship (ARRC) 2019 round 7 race 1 di Chang International Circuit, Buriram, Thailand, Sabtu (30/11/2019), berjalan menarik. Di kelas Asia Production 250cc, para pebalap Astra HOnda Racing Team (AHRT) berjuang untuk mendapatkan gelar.

Awhin Sanjaya dan Irfan Ardiansyah yang juara akhirnya finis di posisi ke-2 dan ke-5. Keduanya masih berpeluang untuk mendapatkan gelar juara musim ini. Rekan satu tim mereka, Lucky Hendriansya, finis di posisi ke-9.

Dengan hasil ini, Astra Honda Racing Team dipastikan sudah mengamankan gelar juara untuk tim kelas AP250cc dengan satu balapan tersisa. AHRT mengkoleksi 285 poin dengan balapan kurang 1 race.

Bagi AHRT, ini merupakan kali ketiga mereka membawa pulang gelar juara tim dengan selalu memakai motor Honda CBR250RR, yang diproduksi di Indonesia.

Di kelas AP250, tiga pebalap masih berpeluang menjadi juara musim ini, dan dua di antaranya adalah pebalap Astra Honda Racing Team yaitu Irfan Ardiansyah dan Awhin Sanjaya.

Balapan pertama berlangsung menegangkan sejak awal. Awhin Sanjaya yang start dari posisi ke-11 berhasil masuk lima besar pada lap keenam. Dia memimpin balapan pada lap ke-10, tetapi kehilangan posisi di tikungan terakhir dan akhirnya finis di posisi kedua.

“Kesabaran saya untuk tidak melakukan kesalahan pada awal balapan, kemudian mencoba lebih agresif pada momentum yang tepat, hampir membuahkan hasil sempurna. Sayang sekali, persaingan ketat di tikungan terakhir membuat saya harus puas finis di posisi kedua.” kata Ahwin Sanjaya.

Irfan sempat keluar lintasan. Hal ini karena ada pebalap di depannya yang terjatuh pada lap pertama.

Irfan kehilangan banyak posisi hingga ke luar 15 besar. Perlahan namun pasti Irfan bisa kembali ke depan dan berada di posisi keempat pada lap terakhir, sebelum akhirnya finis di urutan kelima.

“Saya  menjalani balapan yang berat. Setelah terhalang pebalap lain yang terjatuh, saya harus berjuang dari posisi ke-20. Saya mencoba untuk tetap fokus, dan bertahap bisa maju. Pada lap terakhir saya bisa bersaing kembali di grup depan. Pada akhirnya, finis di posisi lima besar merupakan hasil terbaik yang bisa saya persembahkan. Saya akan berusaha lebih keras pada balapan kedua. Mohon doa dan dukungannya.” Ucap Irfan.

Lucky Hendriansya menutup balapan dengan finis di posisi ke-9. “Selepas  start, saya bisa langsung menekan agar tetap berada pada persaingan grup depan. Balapan yang sangat ketat membuat irama balapan saya agak terganggu. Saya beberapa kali mencoba late braking untuk memangkas jarak, tetapi belum membuahkan hasil terbaik.” Kata Lucky.

Pada kelas SuperSports 600cc, Andi Gilang dan Rheza Danica berhasil meraih poin penting dengan masing-masing finis di urutan ke-6 dan ke-14.

Di kelas SS600, Andi Gilang dan Rheza Danica Ahrens menyelesaikan 12 lap balapan dan masing-masing meraih poin. Andi yang musim depan akan turun di Moto2 World Championship membalap konsisten dan akhirnya finis di posisi keenam. Sementara itu, Rheza yang menjalani musim perdananya di kelas ini akhirnya menutup balapan dengan finis di posisi ke-14.

Perjuangan para pebalap AHRT mewakili Indonesia di ARRC musim ini akan berakhir besok, Sabtu (1/12/2019). Mereka akan menjalani balapan kedua putaran ketujuh di Thailand, pada pukul 14.05 WIB (AP250) dan 15.05 WIB (SS600). Bagi Irfan dan Awhin, balapan ini akan menjadi kesempatan terakhir untuk melanjutkan dominasi AHRT di AP250 dengan merebut gelar juara untuk kali ketiga secara beruntun.

Check Also

Astra Honda Racing Team Siap Meraih Gelar Di Thailand

Asia Road Racing Championship 2019 seri terakhir akan berlangsung pekan ini di Chang International Circuit, …